Kuliner Bandung Assoy

Bulan Puasa gini, paling seru berbuka sambil jelajah-jelajah kuliner. Mendapat inspirasi dari tulisan makan bebek di bandung, penulis terinspirasi untuk berbagi pengalaman makan bermacam warung bebek di Bandung.

Lokasi Kuliner Bebek

Sama dengan yang dikatakan artikel di sini, penulis menambahkan menjadi 4 warung yang patut dicoba. Nah seperti apa sih, mari kita kupas satu per satu.

    Bebek Boromeus
    Warga Bandung pasti udah tahu keistimewaan Bebek di sini. Bebek Boromeus ini sangat terkenal dengan kelembutan dagingya. Sensasi nikmatnya ada di ketika menyobek dagingnya yang lembut… kemudian pada saat dikunya, Hmm… Mak Nyos. Emang gak ada yang ngalahin kelembutan daging Bebek ini. Harganya pun gak mahal, cocok untuk kantong mahasiswa. Tapi kalo makan di sini kudu dateng awal, ngantrinya itu bisa setengah jam sendiri. Jadi kudu tahan ngantri. Letaknya di deket RS Boromeus, dago.
    Bebek van Java
    Bebek ini terletak di depan Madtari (yang baru) di daerah Dipati Ukur. Ciri dari warung ini adalah gerobaknya dari sepeda motor dan container yang dibawa di belakangnya. Cobain dech bebek bakarnya… Mak Nyos… punya cita rasa tersendiri. Dan gak kalah ramenya.
    Bebek Darmo
    Nah bebek yang satu ini terletak di dekat SMP 5, kalo gak salah Jalan Jawa. Bebek ini sambelnya juga mantap, ngantrinya juga gak ketulungan. Bebeknya garing dan gurih. Sangat patut untuk dicoba bagi pecinta bebek.
    Bebek Setan
    Ini dia bebek yang sambelnya paling mantap. Busyet… sambalnya mak nyos… makannya sambil berkeringat. Ditambah dengan kol yang digoreng, wah gurih-gurih pedas. Namanya juga bebek setan, sambelnya pedes gak ketulungan. Carinya di daerah Lodaya, antara Batagor Riri dan Pasar Buku Palasari. Mulai ada sore sampe malem.

Nah tunggu apa lagi? Pasti perut udah keroncongan? Maaf ya kalo ngebuat kalian sampe ngiler-ngiler begitu. Buran gih.. coba dan mak nyos…. kuliner di Bandung emang gak kalah

Kuliner 2011 : Tokbukki Gang San Mantaaaps

Apakah anda salah satu penggemar Makanan Korea? Restaurant mana yang jadi favorit anda? Hehe. Saya mau berbagi info niy, ada satu restaurant Korea yang tergolong baru di bilangan Jakarta Utara, namanya adalah Gang San. Mungkin baru beroperasi kurang dari setahunan-ini.

Om dan Tante saya yang tinggal di Kelapa Gading sudah sering sekali makan disini, katanya enak. Nah kebetulan hari Sabtu kemarin saat saya berkunjung ke rumahnya, saya diajak untuk mencoba restoran tersebut. Menurut Tante saya, tokbukki disini enak banget ... wah asik nih, saya tambah semangat untuk segera mencobanya.

Yup, karena Korean Food adalah salah satu makanan favorit saya juga. Terutama Tokbukki-nya itu lho, pedasnya nampol banget di lidah. Setiap kali ke restoran Korea, saya pasti pesan Tokpukki.

Gang San berada di jalan Boulevard Raya Blok PA 1 no: 1 - Kelapa Gading, Jakarta Utara. Mudah banget mencarinya, berada di seberang seafood Wiro Sableng, ada di pojokan dekat dengan lampu merah. Gang San selalu ramai lho, ujar tante saya. Bareng dengan Om, Tante, dan  sepupu-sepupu saya juga, kami memilih tempat duduk di pojokan. Dan kami langsung memesan Tokbukki, Japchae, Tang suyuk, Bulkalbi, dan Haemul Pajeon. Minumnya, cobain deh Green Tea ala Korea.

Kuliner - Mari Membuat Kolak Pisang

Bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kolak pisang :

  • 1 kg pisang tanduk yang sudang matang
  • 1 ons gula merah
  • 1 ons gula pasir/gula putih
  • 1 ons kolang-kaling, dibersihkan dan dibelah dua
  • 2 lembar daun pandan, dicuci bersih
  • 65 ml santan instan
  • 3 gelas air (720 ml), untuk kuah kolaknya

Proses pengolahan pun sangat sederhana, yaitu :

  1. Pisang tanduk dipotong miring,besarnya sesuai selera, lalu sisihkan.
  2. Gula merah dicairkan dengan cara direbus menggunakan air secukupnya, lalu disaring.
  3. Rebus gula merah tadi dengan gula pasir/gula putih, aduk hingga tercampur.
  4. Masukkan air, pisang tanduk, rebus hingga pisangnya berubah warna.
  5. Masukkan santan, daun pandan, kolang-kaling, lalu aduk.
  6. Masak hingga matang.

Kuliner - Salad Tropis Asam Manis

BAHAN:
1 buah (400 g) nanas
1 buah (300 g) mangga muda, potong bentuk korek api ukuran ½ x 6 cm
6 lembar daun selada bokor, sobek kasar
1 buah (150 g) kedondong, kupas, serut kasar
150 g daging jeruk bali, suwir-suwir

Saus, aduk rata:
10 sdm air jeruk lemon
8 sdm kecap ikan
4 buah cabai rawit merah, iris tipis
4 sdm gula pasir
¼ sdt garam

CARA MEMBUAT:

    Kupas nanas. Potong bentuk kipas ukuran kecil. Sisihkan.
    Siapkan piring saji, letakkan dua lembar daun selada bokor.
    Taruh potongan nanas, mangga muda, dan serutan kedondong di atasnya.
    Siram dengan saus hingga rata. Taburi jeruk bali suwir hingga rata.
    Sajikan.

Untuk 6 porsi
Kalori per porsi: 161